5/7/14

exact, exactly

As the title, exact.
Eksak, pasti. Ilmu eksak, ilmu pasti.
Itulah IPA, jurusan IPA, jurusan yang udah saya laluin krg lebihnya masuk 11 bulan, hampir setaun saya di jurusan ini. Jurusan yang ngebuat saya bener2 harus bersyukur, harus lebih keras belajar, bahkan harus makin pinter ngejadwalin mana yang prioritas dan mana yang bukan. Ya semua itu saya pelajarin di jurusan ini. Bukan main awalnya saya masuk kelas ini. Ketika saya tau dari temen2 saya di line pd ngomongin msk kelas mana dan berapa, diantara temen2 saya, bs dibilang sayalah yang ga begitu sibuk buat ngurusin saya dapet kelas mana dan berapa. Karena saya udah yakin, pasti jurusan yang saya dapetin nanti itu pasti udah dikehendakin sm Allah dan itu jawaban dr doa saya wkt saya minta dikasih petunjuk jurusan yang terbaik buat cita2 dan masa depan saya.
Entah kenapa pelajaran kimia senin kmrn ngebuat saya buat ngebikin post ini haha
Entah kenapa, seiring jalannya waktu, saya malah ngerasa, otak saya makin ga saya pergunain dgn baik, dgn maksimal.
Dulu saya wkt sd, pasti saya sering bgt dpt rengking 3 besar, ya paling jauh dulu saya rank 5 dan plg tinggi rank 1, heheh alhamdulillah :) #gamaksudpamerkok. Abis itu saya dianjurin buat ikut test di 255, smp saya. Akhirnya saya jalanin testnya.
Subhanallah, test pertama saya lolos. Pertama2 dr 500 orang, kepilih 100 sekian orang dulu buat disaring lagi. Alhasil test psikotes dan wawancara jadi test terakhir itu bs dibilang test penentuan. Nah saya alhamdulillah lolos lagi dan orang tua saya ngerestuin saya buat sekolah disitu, SMPN 255 Jakarta. Ada syaratnya tapi; harus tahan diri dan gaboleh kepengaruh temen, karena tau sendiri 255 isinya orang kaya semua pas saat itu hahahaha. Ortu saya alhamdulillah berkecukupan, tapi bukan golongan kaya raya. :)
Ketika masuk di bangku smp, saya berubah jd gakaruan soalnya saya kenal sm yg namanya internet. Saya punya modem dan laptop (laptop wkt itu wajib di 255..). Alhasil wkt istirahat di rumah saya kebuang sia2 buat ngenet yg ga guna bgt (sebenernya) :(. Alhasil peringkat saya dari tdnya sem1 rank 17, naik di sem2 jd 13. Di sem3 naik lg alhamdulillah jd rank 7, dan tapinya si sem4 & 5 itu semua musnah. Saya langsung rank 20 dan 23. Saya mulai gakaruan, males belajar, gapernah niat buat bener2 belajar buat ngedapetin apa yg saya mau, apa yg jd goal saya. Pdhl saya udah punya cita2; pengen jd arsitek. Tp kelas 8 ke kls 9, saya tuh mulai sadar kalo saya kepengen jd arsitek, saya harus pinter math dan ngasah kemampuan gambar saya. Dan saya juga udah target dr kelas 8 kpgn lanjut sma di SMAN 61 Jakarta, tp kls 9 saya agak goyah dan heheheh akhirnya di 61 juga, mungkin 61 emang jodoh saya huahaha.
Masuk2 sma, saya makin parah. Eh sblmnya saya mau ceritain dulu nih gmn perjuangannya masuk 61.
Awalnya ketika saya pengen test di 61, papa saya super bgt. Dia nganter saya buat ngurus berkas terus di 61 sampe finalisasi sampe udah diresmiin jd murid juga dia msh nganter dan nunggu saya :') sblm saya fix sm 61, papa saya selalu bilang "gapapa kak, 61 aja. Papa lebih ridho kamu disitu drpd yg lain buat tesnya. Tp kalo itu bukan rejeki kamu yaudah, regulernya pilih aja yg sesuai sm nem kamu kan gatinggi2 amat. 54, 53, 50 aja" katanya dia gt.. inget bgt saya parah. Kebetulan nem 3 sekolah itu aman buat nem saya yg kebilang cukup kecil di tahun angkatan 2012, haha 35,20.. :( akhirnya yaudah saya test dan selagi nunggu pengumuman saya terus diingetin papa buat dhuha, puasa, tahajud, hajad, dll.. akhirnya ketika pengumuman, saya abis solat dhuha tuh, trs saya pantengin laptop di website ppdb online tuh. Trs saya udah deg2an bgt... ternyata syukur alhamdulillah saya diterima!! Saya di peringkat 172 dari 192 orang hahaha nilai saya jg pas2an itu kebantu sm nilai tpa-_- nilai saya saya madih inget kok, 7.128. Itu nilai totalnya. Seketika sumpah yg papa saya blgin ke saya itu semua berasa worth it bgt ke saya :'''') saya wkt itu masih tinggal di jkt, di cipinang haha saya nangis masih pake mukena saya nelpon emak bapak ke hp mereka sambil nangis hahahaha terharu bgt saya ampe nangis nih skrg:')
Trs saya hidup di 61 bukan main saya kaget banget sama pelajarannya. Bulan pertama saya di 61 saya berasa orang kopong bgt berasa 'pengunci' pas UN gitu. Saya sama temen saya yang make kunci wkt tpa dan un tuh rasabya sama aja, sama2 kopong otaknya. Saya remed mulu, nilai gakaruan, ngenet makin buas, beh ancur bgt deh. Ranking saya dulu rank 30. Jujur loh, itu semester 1 saya disini, di 61. Bego bgt gasih? :( bahkan dr nilai2 di rapot saya, ada tiga nilai di bawah kkm, di bawah 78. Bener2 nyesek bgt di dada saya bisa dpt nilai segitu ancurnya di rapot. Saya bikin kecewa orang tua saya... :(
Trs semester 2, saya mulai bangun siasat. Saya mulai semangat belajar lagi, semangat ngapalin semangat nyimak dll. Tp ttp aja fokusnya kurang. Akhirnya ranking saya naik jd 27 apa brp gt lupa pokoknga nilai saya bener2 membaik, dr rata2 sekitar 78an jadi 83. Alhamdulillah yaRabb:)
Memasuki taun ketiga, ketika udah dijurusin gini, saya harus dihadepin sm berbagai... apa ya namanya, tantangan, mungkin? Ya bisa jadi tantangan. Saya dihadepin sm banyak tantangan, kayak rumah saya yang pindah ke bogor, cita2 saya di sma harus berenti (hhehehe ini cm bbrp oranb yg ngerti pasti:D), blm lagi cobaan pelajaran yg killer killer. Sumpah, IPA di 61 bukan gurunya yg killer, tp pelajarannya.. akhirnya saya nyoba baikin nilai saya di bidang non eksak dulu, dan alhamdulillah, rapot saya jd rata2nya ningkat walaupun gabanyak, dr 83 jd 83,9 heheh tp toh nilai saya progress.. :D
Tiba2 saya dpt panggilan buat belajar nih, udahan dulu yaa hehe.. kapan2 saya lanjutan lg post saya yg ini. Babaay!
Intinya, semangat terus dan fokus sama tujuan kita. Itu aja, tp agak susah buat dilakuin haha jujur aja. :)

No comments:

Post a Comment